Kamis, 11 Oktober 2012

Khasiat dan Manfaat Mahkota Dewa Bagi Kesehatann




khasiat dan Manfaat mahkota dewa bagi kesehatan disebabkan karena tanaman ini mengandung beberapa zar aktif antara lain Alkoloid yang bersifat detoksifikasi yang berfungsi menetralisir racun dalam tubuh.
Selain itu Manfaat Mahkota Dewa juga mengandung saponin yang bermanfaat sebagai anti bakteri dan anti virus, selain itu saponin juga berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula dan mengurangi penggumpalan darah.
Kandungan Manfaat Mahkota Dewa lain yang ditemukan dalam tanaman mahkota dewa adalah bahwa tanaman ini mengandung flavonoid yang berfungsi melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, mengurangi kadar kolesterol, mengurangi resiko terkena serangan penyakit jantung, mengandung antiinflamasi serta berfungsi sebagai anti oksidan.
Khasiat dan Manfaat Mahkota Dewa yang lain adalah sebagai antihistamin karena mengandung zat polifenol. Di beberapa daerah di Indonesia, tanaman ini memiliki berbagai macam nama yang berbeda antara lain adalah Makuto Rojo, Makuto Ratu, Obat Dewa dan Crown of God.

4 komentar:

  1. Dari artikel di atas dapat di jelaskan bahwa mahkota dewa dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh,hal ini di karenakan banyak mengandung beberapa zat aktif seperti alkaloid. bagaimana alkaloid tersebut dapat berperan untuk menetralisirkan racun dalam tubuh, serta senyawa alkaloid apa yang terkandung di dalam nya?

    BalasHapus
  2. alkaloid merupakan senyawa organik yang terdapat di alam bersifat basa atau alkali dan sifat basa ini disebabkan karena adanya atom N (Nitrogen) dalam molekul senyawa tersebut dalam struktur lingkar heterosiklik atau aromatis, dan dalam dosis kecil dapat memberikan efek farmakologis pada manusia. alkaloid dapat berperan untuk menetralisirkan racun dari dalam tubuh, hal ini dikarenakan alkaloid tersebut memiliki sifat detoksifikasi. dimana detoksifikasi ini merupakan proses pembuangan racun dari dalam tubuh.
    adapun senyawa alkaloid yang terkandung dalam menetralisirkan racun yaitu senyawa saponin. saponin ini bermanfaat sebagai antibakteri sehingga berguna untuk kekebalan tubuh.

    BalasHapus
  3. Senyawa alkaloid merupakan senyawa organik terbanyak ditemukan di alam. Hampir seluruh alkaloid berasal dari tumbuhan dan tersebar luas dalam berbagai jenis tumbuhan. Secara organoleptik, daun-daunan yang berasa sepat dan pahit, biasanya teridentifikasi mengandung alkaloid. Selain daun-daunan, senyawa alkaloid dapat ditemukan pada akar, biji, ranting, dan kulit kayu
    Ekstrak daging buahnya berkhasiat sebagai antihistamin, antialergi, bersifat sitotoksik terhadap sel kanker rahim, bersifat hapatoprotektif. Juga menurunkan kadar gula darah, antioksidan, menurunkan kadar asam urat.
    alkaloid dapat berperan menetralisir racun,karena alkaloid berfyngsi sebagai detoksifikasi

    BalasHapus
  4. alkaloid dapat menetralisirkan racun dalam tubuh karena alkaloid memiliki sifat detoksifikasi.
    selain alkaloid, ada beberapa zat aktif yang terkandung di dalam mahkota dewa,diantaranya yaitu:

    1. Saponin
    saponin merupakan jenis alkaloid yang terkandung di dalam mahkota dewa,
    Saponin merupakan jenis glikosida. Glikosida adalah senyawa yang terdiri daro glikon (Glukosa, fruktosa,dll) danaglikon (senyawa bahan aalam lainya). Saponin umumnya berasa pahit dan dapatmembentuk buih saat dikocok dengan air. Selain itu juga bersifat beracun untuk beberapa hewan berdarah dingin (Najib, 2009).Saponin merupakan glikosida yang memiliki aglikon berupa steroid dan triterpen.Saponin steroid tersusun atas inti steroid (C 27) dengan molekul karbohidrat. Steroid saponin dihidrolisis menghasilkan suatu aglikon yang dikenal sebagai saraponin.

    Saponin triterpenoid tersusun atas inti triterpenoid dengan molekul karbohidrat. Dihidrolisismenghasilkan suatu aglikon yang disebut sapogenin. Masing-masing senyawa ini banyak dihasilkan di dalam tumbuhan (Hartono, 2009).
    Tumbuhan yang mengandung sponin ini biasa Menjadi sumber anti-bakteri dan anti-virus, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula dalam darah, mengurangi penggumpalan darah.
    struktur saponin: http://i51.tinypic.com/213g1ea.jpg

    2. Flavanoid
    berfungsi sebagai anti-oksidan
    - melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah
    - mengurangi kandungan kolesterol serta mengurangi penumbunan lemak pada dinding pembuluh darah
    - mengurangi kadar resiko penyakit jantung koroner
    - mengandung antiinflamasi (antiradang)
    - membantu mengurangi rasa sakit jika terjadi pendarahan atau pembengkakan

    3. Polifenol
    Berfungsi sebagai anti-histamin (anti-alergi) Mahkota Dewa dipercaya dapat mencegah dan membantu proses penyembuhan berbagai macam penyakit antara lain :
    Tekanan darah tinggi, Meningkatkan vitalitas bagi penderita diabetes, Kanker (zat damnacanthal : menghambat pertumbuhan sel kanker), Asam urat, Lever, Alergi, Ginjal, Jantung, Berbagai macam penyakit kulit, Mengatasi ketergantungan obat , Rematik, Meningkatkan stamina dan ketahanan terhadap influenza, Insomnia dan lain-lain.

    BalasHapus