Kamis, 29 November 2012

NIKOTIN



Metode Isolasi Senyawa Alkaloid ( Nikotin )

Alkaloid biasanya diisolasi dari tumbuhannya dengan menggunakan metode ekstraksi. Pelarut yang digunakan ketika mengekstraksi campuran senyawanya yaitu molekul air yang diasamkan. Pelarut  ini akan mampu melarutkan alkaloid sebagai garamnya.
Selain itu juga dapat membasakan bahan tumbuhan yang mengandung alkaloid dengan menambahkan natrium karbonat. Basa yang terbentuk kemudian dapat diekstraksidengan pelarut  organic seperti seperti kloroform atau eter
Untuk alkaloid yang bersifat tidak  tahan panas, isolasi dapat dilakukan menggunakan teknik pemekatan dengan membasakan larutannya terlebih dahulu. Dengan menggunakan teknik ini maka alkaloid akan menguap dan selanjutnya dapat dimurnikan dengan metode penyulingan uap.
Metode ini biasanya dilakukan untuk pemurnian senyawa nikotin. Sedangkan untuk larutan alkaloid dalam air yang bersifat asam maka larutannya harus dibasakan terlebih dahulu. Selanjutnya alkaloid dapat diekstraksi dengan menggunakan pelarut organic.
Cara lain untuk mendapatkan alkaloid dari larutan yang bersifat basa adalah  dengan metode penjerapan menggunakan pereaksi Lloyd. Alkaloid yang diperoleh kemudian dielusi dan diendapkan menggunakan Pereaksi Meyer. Setelah  itu , endapan yang terbentuk dipisahkan  menggunakan  metode kromatografi pertukaran ion.
Terdapat beberapa kendala yang dihadapi ketika mengisolasi alkaloid. Salah satunya adalah alkaloid yang berada dalam bentuk terikat tidak mudah dilepaskan dengan metode hanya ekstraksi biasa sehingga harus mengasamkan senyawa yang mengikatnya terlebih dahulu.

Nikotin

 Nikotin adalah suatu alkaloid dengan nama kimia 3-(1-metil-2-pirolidil) piridin




Saat diekstraksi dari daun tembakau, nikotin tak berwarna, tetapi segera menjadi coklat ketika bersentuhan dengan udara. Nikotin dapat menguap dan dapat dimurnikan dengan cara penyulingan uap dari larutan yang dibasakan
Nikotin adalah zat alkaloid yang ada secara natural di tanaman tembakau. Nikotin juga didapati pada tanaman-tanaman lain dari famili biologis Solanaceaeseperti tomat, kentang, terung dan merica hijau pada level yang sangat kecil dibanding pada tembakau. Zat alkaloid telah diketahui memiliki sifat farma kologi, seperti efek stimulan dari kafein yang meningkatkan tekanan darahdan detak jantung..Alkaloid nikotin mengalami proses metabolisme, yaitu suatu proses dimana nikotin mengalami perubahan struktur karena adanya senyawa–senyawa kimia di sekitarnya.

4 komentar:

  1. dari artikel di atas di jelaskan bahwa Saat diekstraksi dari daun tembakau, nikotin tak berwarna, tetapi segera menjadi coklat ketika bersentuhan dengan udara.nikotin dapat dimurnikan dengan cara penyulingan uap dari larutan yang dibasakan. yang ingin saya tanyakan bagaimana cara mengisolasi senyawa nikotin yang efektif?
    serta mengapa untuk memurnikan senyawa nikotin memerlukan penyulingan uap dan larutan yang di gunakan di basa kan terlebih dahulu?

    BalasHapus
  2. menurut saya mengisolasi nikotin yang efektif yaitu dengan cara soxhletasi dari daun tembakau kering menggunakan pelarut metanol kemudian dilakukan penggaraman dengan asam dan ekstraksi alkaloid dengan basa. Ekstrak yang diperoleh kemudian dimurnikan dengan KLT, dan kromatografi kolom. Setelah itu dianalisis menggunakan IR, UV, dan GC-MS.
    dalam memurnikan senyawa nikotin memerlukan penyulingan uap karenakan agar pada saat memurnikan nikotin bahan baku dan air tidak bersinggungan langsung karena dibatasi dengan saringan yang terdapat diatas air. larutan yang di gunakan dibasakan terlebih dahulu agar senyawa nikotin ini akan lebih mudah terdekomposisi di udara terutama dalam keadaan panas.

    BalasHapus
  3. Nikotin merupakan senyawa alkaloid yang terdapat dalam tanaman tembakau dan berpotensi sebagai insektisida falami pengganti insektisida sintetik. Nikotin mempunyai sifat mudah terurai oleh faktor alam sehingga tidak meninggalkan residu pada tanaman inang.oleh karena itu metode isolasi yang efektif untuk senyawa nikotin ini dapat dilakukan dengan teknik maserasi dan dilanjutkan dengan ekstraksi menggunakan pelarut kloroform. Teknik isolasi ini cukup mudah dan simple sehingga akan lebih mudah dapat menghasilkan isolat yang mengandung nikotin dalam konsentrasi cukup besar dan relatif murni.
    penyulingan uap pada senyawa nikotin karena senyawa nikotin bersifat amorf bahan baku nikotin dan air tidak bersinggungan. dalam mengisolasi senyawa nikotin ini larutan yang digunakan di basakan dengan tujuan karena senyawa nikotin ini mudah menguap di udara sehingga mudah terdekomposisi.

    BalasHapus
  4. Kalau ekstraksi menggunakan pelarut air bagaimana?kalau dibandingkan dengan pelarut ethanol seperti yg sudah diketahui bahwa polaritas air lebih besar dibandingan dengan ethanol dan nikotin mudah larut dalam air

    BalasHapus